MANFAAT EBM PDF

D. MANFAAT. 1. Mahasiswa mengerti dan memahami bagaimana cara belajar dengan menggunakan evidence based medicine. 2. Menentukan pertanyaan klinik yg spesifik. – Menemukan artikel yg relevan dalam literatur medis. Suatu cara bagi mahasiswa menemukan ‘deficit knowledge’ yg. in the published literature and consideration of patient factors. Table 1 provides a list of useful resources. Evidence-based medicine (EBM) or dentistry (EBD) is a.

Author: Fenrisho Mejas
Country: Oman
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 1 November 2010
Pages: 42
PDF File Size: 15.7 Mb
ePub File Size: 15.68 Mb
ISBN: 473-4-66017-198-5
Downloads: 34207
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mikagar

Published on Jul View Download 8. Sumber informasi apa sebagai dasar terapi?. Mengapa seorang klinisi atau dokter harus memberikan terapi? Pendahuluan Seorang klinisi atau dokter dalam menjalankanprofesinya tidak hanya menentukan diagnosis dan terapi saja, tetapi yang lebih penting adalah membantu pasien dan keluarganya dalam mengatasi masalah penyakit yang diderita mamfaat kematian.

Memperpanjang harapan hidup dengan harapan mencegah kematian lebih dini. Memperpanjang kualitas hidup quality of life sehingga kecacatan akibat suatu penyakit dapat dihindari atau diminimalisir. Mengatasi keluan atau gejala yang menjadi masalah penderita.

(7). Evidence Based Medicine ZKJ

Adapun cara mencapai tujuan tersebut melalui penanganan penderita secara komprehensip yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Prevensi primer bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi faktor resiko immunisasi, menghentikan merokok terapi hipertensi dll Prevensi sekunder bertujuan untuk deteksi awal suatu penyakit atau menghilangkan penyakit terapi kuman tbc, terapi kuman tiphoid,dll.

Prevensi mznfaat bertujuan membatasi dampak terhadap suatu penyakit terapi radiasi, mastektomi parsial Upaya kuratif meliputi: Ada 2 jenis terapi kuratif yaitu terapi simptomatis dan terapi kausatif. Terapi simptomatis bertujuan untuk menghilangkangejala-gejala penyakit.

Terapi kausatif bertujuan untuk menghilangkanpenyakit atau penyebab penyakit. Pendahuluan Manfast kemajuan terapi pada masa lalu menunjukanhasil yang kurang efisien dan manfat memerlukan proses yang membahayakan karena tidak berdasarkan evidence base medicine EBM. Profesi dokter dan kesehatan tidaklah cukup hanya berpedoman pada kemampuan klinik dan pengalaman tanpa bukti penelitian terbaru seorang dokter akan ketinggalan out of date.

EBM merupakan hasil-hasil penelitian terbaru yang merupakan integrasi antara pengalaman klinik, pengetahuan patofisiologi dan keputusan terhadap kesehatan pasien. Atau merupakan integrasi kejadian untuk menentukan terapi atau penatalaksanaan suatu penyakit. Dengan melihat pada penelitian-penelitian kedokterandan literatur-literatur individual atau groupsehingga dapat membantu dokter Menentukan diagnosis yang tepat, Memilih rencana pemeriksaan terbaru, Memilih terapi terbaru Memilih metode pencegahan penyakitterbaru.

Selama ini jenis penelitian terbaik adalah: Bukti-bukti klinik biasanya ditulis dalam suatu journaldan dokumen-dokumen, sehingga memudahkan seorang dokter atau klinisi untuk memanfaatkanya. Menggunakan tehnik EMB berskala besar denganpengelompokan pada penyakit yang sama dapat digunakan untuk pembuatan suatu practice guidelines atau konsensus.

  HOLZER DEMOGRAFIA PDF

Manfaat practice guideline oleh para klinisi digunakan untuk menentukan: EBM Klinik Merupakan bukti penelitian terbaru untuk memutuskan tentang penatalaksaan pasien-pasiensecara individu. Large Randomised controlled trials efikasi terapi Large prospective studies pemantauan waktu.

Bukti penelitian test diagnostik dan terapi. EBM praktis pada tingkat organisasi atau institusi dalambentuk guideline, pedoman, dan aturan 2. Evidence-Base individual decision making. EBM praktis pada individual. Membantu menurunkan mortalitas atau kematian pasien. Memperbaiki derajat kesehatan dan perawatan.

Mengevaluasi dan merencanakan terapi. Memilih pola hidup dan perawatan kesehatan terbaik. Preventive Services Task Force U. Designed randomized controlled trial.

Designed controllled trial tanpa randomLevel II Studi cohort atau case-control analytic. Multiple time series dengan atau tanpa intervensi. Pendapat ahli, penelitian klinik dasar, studi descriptive atau laporan kasus. Kategori dari rekomendasi US. Suatu penelitian yang memberikan manfaat klinik lebih baik dengan resiko sedikit.

Suatu penelitian yang memberikan manfaat klinik sedikit lebih baik dengan resiko sedikit Level C: Suatu penelitian yang memberikan manfaat klinik sedikit, dimana perbandingan antara manfaat dan resiko sama.

Suatu penelitian yang memberikan resiko klinik lebih berat. Suatu penelitian yang tidak mempunyai bukti cukup, kualitas jelek atau banyak pertentangan. Consistent Randomised Controlled Clinical Trial, Cohort study, keputusan klinik berdasarkan validitas pada populasi yang berbeda. Case-series Study atau extrapolasi dari studi level B Level D: Opini tanpa critical appraisal atau berdasarkan patophysiologi.

Jenis-jenis metode penelitian Meta Analysis Evaluasi terapi, efektifitas dan rencana penelitian baru. Systemic overview Topik klinik dan untuk mejawab pertanyaan yang spesifik.

Cohort Study Penelitian prospektif Prognosis, etiologi dan prevensi. Case-control Study Penelitian retrospektif Prognosis, etiologi dan prevensi Cross-Sectional Study ReviewMeta-analisis atau sistemikbila tidak ada overview Digunakan untuk informasi terapipenelitian RCT dalam jumlah besar.

Meningkatkan kekuatan akibat intervensi secara statistik bila dibandingkan dengan penelitian RCT dalam jumlah kecil. Meningkatkan presisi bila dibandingkan dengan beberapa penelitian RCT.

EBM – PDF Free Download

Bisa memperkirakan efek terapi. Kesempatan yang sama diantara kelompok penelitian. Bisa meninimalkan bias kesalahan Metode doubel-blind RCT merupakan gold standar untuk mengetahui efek terapi atau intervensi. Apa sebenarnya arti Uji Klinik atau clinical trial?

Istilah uji klnik merupakan aplikasi dari semua jeniseksperimental yang direncanakan dengan mengikutsertakan pasien dan dirancang untuk mendapatkan terapi pasien yang sesuai dimasa mendatang dengan kondisi medis tertentu Pocock, Ciri khas dari uji klinik adalah hasil-hasil berdasarkan jumlah sampel yang terbatas Untuk mendapatkan kesimpulan mengenai bagaimana terapi dapatdigunakan Dapat digunakan untuk terapi pada masa yang akan datang.

  LOCKNETICS 390 MAGLOCK PDF

Berdasarkan Uji klinik yang baik dan mengikutiprinsip-prinsip eksperimental ilmiah merupakan satusatunya dasar yang dapat dipercaya untuk dapat menilai efisiensi dan keamanan dari terapi yang baru Uji klinik merupakan jenis khusus dari studi kohort yang kondisi studinya selektif, dintervensi yang bertujuan untuk membandingkan suatu obat baru dengan obat standart. Ada 2 pertanyaan yang dijawab dalam uji klinis yaitu: Dapatkah bekerja pada keadaan ideal? Efikasi adalah lebih memberikan manfaat dari pada kerugian dalam kondisi edeal2.

Apakah obat dapat bekerja pada tatanan biasa?

Efektif adalah lebih memberikan manfaat dari pada kerugian dalam kondisi sebagaimana adanya Bagaimana menentukan suatu rencanapengobatan? Sebaiknya mengacu pada Teori yang sesuai logika Hasil uji secara eksperimental. Bagaimana para klinisi untuk menentukanterapi? Berdasarkan pengalaman yang didapat baik secaratertulis tulisan ilmiah maupun lisan dari sejawat.

Struktur Uji kinik dalam bentuk sederhana yaitu: Dibagi menjadi 2 kelompok dengan prognosis yang sebanding: Kelompok mantaat obat baru yang diperkirakan bermanfaat.

Kelompok kontrol obat lama.

Paparan klinik selanjutnya diamati dan setiapperbedaan dalam keluaran dihubungkan dengan intervensi. Yang termasuk uji klinik adalah Percobaan pada manusia sukarelawan sehat Uji lapangan dari vaksin. Uji pencegahan unutk subyek dengan gejala progejala. Tahapan eksperimen dalam Uji Obat drug trial: Uji Tahap I Uji toksisitas dan farmakologi klinik Terhadap sukarelawan.

Terhadap pasien terbatas antara pasien. Uji evaluasi terapi dalam skala penuh. Membandingkan obat yang baru dengan obat standart. Disebut Uji klinik atau studi komparatif. Surveilan pasca pasar atau post marketing. Dilihat efek samping obat, mortalitas dan morbiditas dalamskala besar. Kesimpulan Terapi diberikan apabila seorang klinisi sudahmempunyai kejelasan tentang tujuan terapi. Terapi diberikan berdasarkan hasil-hasil manfaatt klinis dengan prinsip EBM.

Dalam membaca journal terapi sebaiknya dipilih journal dengan metode Randomised clinical trials atau Meta-analysis.

Medical Articles: LAPORAN TUTORIAL EBM

C and Haynes RB. BC decker Inc London. Sonderabrechnungsnummern zustzlich zum EBM?

Sonderabrechnungsnummern zustzlich zum EBM plus Documents. Thomas Philippiak verabschiedet – ebm-? Presse-Information ebm-papst verabschiedet Geschftsfhrer Documents.

Economy Key Ebm Technology. Pegantar EBM – mahasiswa Documents. Bb Ebm Bb Chorus: Gran finestra ebm marista Lifestyle.